You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Margahayu Selatan
Desa Margahayu Selatan

Kec. Margahayu, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Margahayu Selatan Kantor Pemerintahan Desa Margahayu Selatan Komplek Margahayu Kencana Blok D RT 004 RW 013 Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung Jam Pelayanan Desa Margahayu Selatan Hari Senin-Jum'at pukul 08.00 - 16.00 WIB

Sejarah Desa Marsel

Administrator 10 Januari 2024 Dibaca 1.486 Kali

SEJARAH DESA MARGAHAYU SELATAN

Pada zaman Hindia Belanda yang tahunnya tidak tercatat berdiri Desa Bojongpacing, Desa Sadang dan Desa Cibolerang, yang pada tahun 1915 lebur menjadi Desa Margahayu, sehingga pada tahun itu juga mengadakan pemilihan Kepala Desa, dengan calon masing-masing adalah :

  1. Mama Ali Basa
  2. Mama H. Umar
  3. Den Buldan

Yang mendapat suara terbanyak adalah Mama ALI BASA, sehingga menjadi Kepala Desa Margahayu yang pertama. Karena usianya telah lanjut maka pada tahun 1938 Mama ALI BASA  berhenti dari jabatan Kepala Desa dengan hormat dan mengadakan pemilihan kembali dengan calonnya adalah :

  1. Ratmadidjaja
  2. Udi Wirahmana
  3. Den Endih

RATMADIDJAJA terpilih menjadi Kepala Desa Margahayu yang ke 2 (dua) terpilih dan berhenti dengan hormat pada tahun 1948. Pada Tahun itu juga diadakan pemilihan Kepala Desa Margahayu yang ke 3 (tiga) dengan calonnya adalah :

  1. Iri Wirachmana (adik dari Ratmadidjaja)
  2. Ayid

IRI WIRACHMANA terpilih menjadi Kepala Desa yang ke 3 (tiga) dan menjabat Kepala Desa sampai dengan tahun 1960, pada tahun 1960 diadakan pemilihan lagi dengan calon masing-masing :

  1. Abdul Salam
  2. Usep Hambali
  3. Raden Kosim
  4. Ingi Safe'i

ABDUL SALAM menjadi Kepala Desa Margahayu yang ke 4 (empat) dan menjabat sampai dengan tahun 1968, dan pada tahun 1968 diadakan pemilihan dengan calon sebagai berikut :

  1. Tjutju Sjamsudin
  2. Uho Sudiha
  3. Eme Permana

TJUTJU SJAMSUDIN terpilih menjadi Kepala Desa Margahayu yang ke 5 (lima), pada tahun 1978 Desa Margahayu dipecah menjadi Desa Margahayu Selatan dan Desa Margahayu Utara, Desa Margahayu Utara dengan Kepala Desanya adalah EME PERMANA dan setelah berhenti dilanjutkan oleh AGUS PERMANA.

TJUTJU SJAMSUDIN pada tahun 1982 berhenti dari jabatan Kepala Desa Margahayu Selatan dengan hormat, dan Kepala Desa Margahayu Selatan dijabat sementara oleh aparat Kecamatan Dayeuhkolot yaitu MAMAN SUPRIADI.

Pada tahun 1983 Desa Margahayu Selatan dimekarkan lagi menjadi Desa Margahayu Selatan dan Margahayu Tengah, Desa Margahayu Tengah dengan Kepala Desa DUDUNG.

Semasa dijabat oleh pejabat sementara Desa Margahayu Selatan mengadakan pemilihan dengan calon masing-masing :

  1. H. Toma Saputra
  2. Warlan Wardjono

TOMA SAPUTRA terpilih menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan ke 6 (enam) pada tanggal 18 Februari 1986 dengan SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Bandung Nomor 04/Pm.022.1/SK/PEMDES/1986, setelah diadakan serah terima wilayah dengan pejabat sementara, maka pada tanggal 1 Maret 1986, H. TOMA SAPUTRA resmi menjabat sebagai Kepala Desa Margahayu Selatan sampai dengan tahun 1994.

Pada tahun 1994 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa Margahayu Selatan dengan calon masing-masing :

  1. Atep Anwas Hidayat
  2. Kokoy Gunawan
  3. H. Toma Saputra
  4. Nana Suryana

Dan H. TOMA SAPUTRA terpilih untuk yang kedua kalinya menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan yang ke 7 (tujuh), H. TOMA SAPUTRA menjabat menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan sampai dengan tahun 2002.

Pada tahun 2002 diadakan pemilihan Kepala Desa Margahayu Selatan dengan calon :

  1. H. Ahmad Sjamsuridjal, SH
  2. Asep Budi Mulyana

AHMAD SJAMSURIDJAL, SH terpilih menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan yang ke 8 (delapan) dan menjabat sampai dengan tahun 2007, pada tahun 2007 diadakan pemilihan Kepala Desa Margahayu Selatan dengan masing-masing calon sebagai berikut :

  1. H. Ahmad Sjamsuridjal, SH
  2. H. Parman Edhy
  3. Dadan Ahyad Madani
  4. Asep Budi Mulyana
  5. Jhony Maskoen

AHMAD SJAMSURIDJAL, SH terpilih kembali untuk menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan yang ke 9 (Sembilan) dan menjabat menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan sampai dengan tahun 2013.

Pada tahun 2013 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa dengan masing-masing calon sebagai berikut :

  1. Iwan Suherwan
  2. Iing Hermansyah
  3. Dindin Zaenal Mutaqin
  4. Asep Kusmara
  5. H. Amin Muhammad Barkah, ST

AMIN MUHAMMAD BARKAH, ST, terpilih menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan pada tanggal 14 November 2013 dengan Surat Keputusan Camat Margahayu Nomor 141.1/25/Pem/2013, dan resmi menjalankan tugas Kepala Desa Margahayu Selatan dengan masa jabatan dari tahun 2013 s/d 2019.

Pada tahun 2019, diadakan kembali pemilihan Kepala Desa dengan masing masing calon sebagai berikut :

  1. H. Amin Muhammad Barkah, ST
  2. H. Ahmad Sjamsuridjal, SH
  3. Dendy Kusdiar, A.Md

Dan H. AMIN MUHAMMAD BARKAH, ST terpilih kembali menjadi Kepala Desa Margahayu Selatan untuk periode ke 2 dengan masa jabatan 2019 sampai dengan 2025.

Pada Pertengahan Tahun 2023, H. AMIN MUHAMMAD BARKAH, ST mengundurkan diri dari Jabatan Kepala Desa Margahayu Selatan karena akan mengikuti pemilihan Legislatif di Tingkat Kabupaten Bandung. Tepatnya pada bulan September, Jabatan Kepala Desa Margahayu Selatan dipimpin oleh Pejabat Sementara yaitu Nanang Supriatna, SP.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image